Eighteen Months Plan

22:37

Saya sedang membaca buku Lean In by Sheryl Sanberg. Di dalam buku ini disebutkan mengenai rencana 18 bulan. Dipilih 18 bulan karena setahun terlalu singkat dan dua tahun terlalu lama. Bagi kehidupan keseharian, kita butuh tujuan. Dalam hidup keduniawian kita juga butuh sasaran. Rasanya 18 bulan adalah waktu pertengahan yang layak untuk dicoba.

Rencana 18 bulan ini terbagi menjadi dua kategori, eksternal dan internal. Untuk eksternal, berupa target apa saja yang hendak diraih dalam pekerjaan profesional, dan untuk internal peningkatan skill apa saja yang hendak dicoba dan di latih dengan tekun.

Tujuan-tujuan ini kemudian di breakdown kembali,

Pada tujuan yang bersifat eksternal, tidak hanya pencapaian untuk target, tapi juga hingga pencapain bawahan kita, atasan, perusahaan, imbas pada masyarakat, efek pada keluarga, sumbangsih untuk alam, hingga pada dakwah amal jariyah apa yang ingin di berikan untuk ummat.

Tujuan internal yang paling ringan adalah berapa banyak buku yang mau dibaca, kursus apa saja yang ingin diikuti, seminar apa saja yang ingin didatangi, hapalan Quran mau ditambah berapa banyak dalam waktu 18 bulan, dst. Bisa disesuaikan dengan keadaan masing-masing.

Bersemangat menjadi lebih baik setiap hari. Hidup ini sebuah perjalanan, yes. Ujungnya surga, kapan pun akhirnya. semoga kita semua husnul khatimah.

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe