Nela, Nila, Naila, atau Nella?

21:24

secuil sejarah nama gue. :D


Dimulai dari nama belakang aja kali ya.. ermawati itu marga anak-anaknya nyak-babeh gue. Akronim nama nyak-babeh dijadiin satu. :D hehe. ER inisial nama babeh, dan nama nyak gue Rosmawati, jadi deh ermawati. :)

Awal mulanya, nama gue nila. Nyak-babeh suka sama warna nila kyanya. hhe.. Maksud hati mereka punya anak namanya nila indah, kelak tuh anak nilai-nya bagus2.. prilaku terpuji, cantik, indah dilihat *halah* , punya nilai indah deh. Tapi kemudian, teringat pepatah lama yang mengatakan 'karena nila setitik, rusak susu sebelanga'. Pada pepatah tersebut, nila diartikan sebagai noda, dan sesuatu yg merusak. Akhirnya diganti Nella.

Kata nella sendiri sampe sekarang gue belum tau apa artinya. Yang jelas, Nyak gue bilang asal kata nella itu Naila. Naila dalam bahasa Arab artinya sumber, sedangkan indah, berasal dari kata 'indahu (pake huruf 'ain) artinya kepunyaanNya. Berhubung naila agak2 ribet, nyak-babeh memutuskan penulisannya jadi Nella. Jadi, nama gue artinya adalah "sumber dan kepunyaan Allah". Bukan punya Nyak-babeh gue, bukan punya suami gue (kelak), tapi punya Allah. Toh, semua akan kembali padaNya.

Nah,

Kenapa sekarang nama gw jadi nela?

Gue baru tau cerita ini sehari yang lalu. Gue pikir, emang mereka bener-bener niat ngasih nama anaknya "nela" with single 'L'. Pas nonton tivi, ada penyiar yang namanya nella, nyak gue komentar 'Seharusnya kan nama indah juga nella, huruf L-nya ada dua' [sekedar info: gue dirumah dipanggil indah :) ]

Nah, gue bingung.. padahal selama iniii.. gue selalu kesel banget saat orang lain yang salah tulis nama gue dan pake double L. Ini ga satu atau dua kali, seringkali nama gue ditulis Nella Indah, bukan Nela Indah. Aih,, ternyata emang harusnya gitu yaa...

trus, refleks gue pas denger si nyak komentar gitu 'Hah? maksudnya? koq bisa mah?'

'iyaa.. petugas akte-nya salah ketik' penjelasan mamah santai banget.

ommmaiiigaatt...

jadi nama gue berubah seumur hidup cuma gara-gara salah ketik pas bikin akte??

*cadas* #geleng-geleng kepala

So, Nella Indah Ermawati atau Nela Indah Ermawati
sekarang, dua-duanya terdengar enak. :)


You Might Also Like

7 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe