Tanya Jawab Ngobis PK dengan Nela Melangit

19:06

T: seberapa besar peluang bisnis kerudung syar'i di indonesia?
J: ketika Allah sudah menjanjikan kejayaan Islam sebelum zaman berakhir, aku percaya, suatu saat nanti kerudung syari akan menjadi satu kebutuhan dasar yang sudah pasti. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. InsyaAllah, peluangnya masih sangat besar.


T: Apa yg membedakan Melangit dengan brand hijab lain?

J: Melangit hadir dengan mengsung tagline Support You to syar'i sejak diawal kemunculannya. Kami dari awal selalu mengusung kualitas foto yg mumpuni, tanpa memunculkan model yang aduhai. Berawal dari kekesalan aku sendiri saat melihat model2 ciamik yg menampilkan suatu produk, tapi begitu kita rakyat jelata yang pake, jadinya biasa aja. hahaha. itu sebabnya foto-foto Melangit hingga saat ini tidak pernah menampilkan wajah cantik sang model. Yeah. pemikiran idealisnya sih, wajah wanita bukan barang komoditas. XD


mungkin itu yg membedakan melangit dari brand jilbab yg lain.

T: sistem pemasaran hijab syar'i yg jitu bagaimana?

J: menurut saya sih, pemasaran dengan hati. hehe. Karena kita berjualan bukan hanya sekedar jualan. Ada sisi dakwah yang mesti didahulukan. Begitu menyentuh hati para wanita yg jadi ladang dakwah sekaligus calon customer, biasanya langsung nyebar. Apalagi wanita kan udah fitrah-nya berbagi dan cerita, Kalo ada produk bagus, kalo suka dengan suatu produk, pasti langsung digosipin ke temennya, trus tanpa sadar udah jadi pemasaran organik produk kita. hehe


T: strategi promosi yg seperti apa yg melangit lakukan menghadapi kompetitor, mengingat bisnis hijab saat ini banyak bener?

J: saran saya sih, fokus pada customer dan fokus pada diri kita, kadang itu jd lebih penting daripada mesti fokus pada kompetitor. Satu yang mesti diingat sebenarnya, selagi masih sama-sama bisnis jilbab, seharusnya sih kita temenan sahabatan. Karena pada hakikat tujuannya masih sama. Untuk menegakkan syariat menutup aurat toh? jadi kita sama sekali bukan lawan yang mesti saling adu jotos, tapi saling rangkul dan kolaborasi kalo perlu. Kalo pakai bahasanya majalah Marketer sih, ini jaman collaboration, bukan lg jamannya competition.


T: Adakah tips dan trik menyulap hijab yg ada (paris-red) menjadi hijab syar'i mengingat sumber daya yang ada terbatas?

J: emmm, kalo saya sih, jilbab-jilbab paris saya alih fungsikan. bisa untuk masker pas naek motor, bikin bros, atau variasi baju. hehe, tergantung kreatifitas aja. dulu sempet kerjasama juga sama anak-anak yatim yang bikin bros dari bahan, hasilnya lumayan bgt.


T: Mau nanya susahnya saja, yakni berapa lama bisnis dijalankan? total kerugian kisaran berapa? paling shock dpt ujian ketika moment apa?


J: akun twitter melangit dibikin 20 Oktober 2012, tp kalau perusahaan benerannya baru proses April ini. Kerugian dan ujian paling bikin shock, apaya, rugi, ditipu, teledor, menurutku sih satu jalan pendewasaan saja. Selagi masih bisa move on, semua masih baik-baik aja. Alhamdulillah sih sampe sekarang gak bangkrut. hehe, tapi pernah ada momen paling shock pas awal cek rekening mendapati angka 9digit dalam prinan rekening koran. haha. langsung demam beberapa hari.


T: Kalau melangit, bagaimana strategi marketingnya? Dan bagaimana cara memaksimalkan pemasarannya lwat media sosial?


J: hahaha, ini masih jadi PR sy sih, krn merasa blm memaksimalkan pemasaran. haha. web blm di handle serius, twitter jg cuma kultwit2 biasa aja. kita masih organik bgt, blm pake teknik SEO atau apapun itu, hehehe, selama ini word of mouth aja Melangit mah. dari temen ke temen, dari hadiah ke hadiah.


T: menurut anda hal yg dilakukan saat memulai bisnis itu gmana ya?


J: bisnis yg baik, bisnis yg dijalankan. hehe. jalanin aja, sempurnakan pelan-pelan. yg paling utama sih, catet semuanya. pisahin keuangan pribadi sm keuangan bisnis, gaji diri sendiri biar gak semena-mena pakai duit omset. hehe. kadang awal-awal berasa tajir mendadak, padahal mah bukan uang kita, tapi uang bisnis, kuatin niat sih, insyaa Allah Allah akan mudahkan.


T: untuk awal brand itu penting gak ya?

J: menurut saya tergantung anda rencananya mau gimana. kalo gak pake brand nanti jatuhnya cenderung ke komoditas, dan berakhir di perang harga+kuantitas. gak salah sih, tp ini biasanya jd produksi massal bgt dg harga yg relatif murah. Beda dg brand, ada 'value' yang membedakan dengan produk lain. ada 'rasa' yang beda bwt customer. Misalnya ada dua mobil yang sama persis kualitasnya, tapi yg satu dikasih merk Mercedes dan satu lagi tanpa merek, pasti harga jualnya jauh lebih tinggi dg yg di tempel nama Mercedes. itu bedanya brand menurut saya.


T: Ingin tanya, bisnis olshop seperti mba Nela, gimana proses 3 bulan pertama bisnis melangitnya?


J: 3bulan pertama cukup berat, hahaha. ditinggal partner, jalanin sendiri, but life must go on. haha. semangat aja, tiap hari ditanya ke diri sendiri, hari ini mau ngapain?, seminggu ini apa yg mau dicapai, sebulan ini targetnya apa. Oh iyaaa, 6 bulan pertama uang bener-bener gak saya pake, semua berputar putar aja.


T: Klo boleh tau , bahannya beli dmn mba? Dan itu desainnya siapa?



J: hahaha, coba tanah abang, banyak bener di tanah abang, awal-awal dulu hampir setiap hari ke tanah abang. kalo design bajunya lahir dr keinginan pribadi aja itu mah, bikin produk untuk diri sendiri. Lama-lama banyak nanya org kebutuhannya gimana, trus saya gambar deh, minta bikinin sm tukang jait. hehe sy ndak bisa jait.


T: Berarti hadiah salah satu cara promosi hebat dari melangit ya? Modal usaha darimana untuk melangit, kok bs omsetnya sampai mncapai 9 digit gtu.


J: modal awal bgt dulu 600rb, pake duit mamah itu juga. hahaa. kepake bwt bikin logo, bikin packaging pertama, sm beli bahan seadanya, tp trus diputer tanpa henti duitnya.


T:  Modal awal usaha ini berapa? Sama kasih tau dong mba cara mendapatkan rekan kerja (tempat konveksi) yang bagus buat bikin kerudung melesitnya.


J: dicoba aja, bikin kesepakatan, kalo perlu bikin perjanjian tertulis dengan pihak konveksi, untuk mengunci dan meminimalisir resiko kerugian. misal terjadi kesalahan potong bahan, kesalahan jahit, atau gimana, disepakati di awal, biar gak kebobolan. kesalahan pihak lain jgn sampe kita yg tanggung akibatnya, hehehe.


Tapi bekerjasama dg orang lain juga berarti tumbuh bersama. Kita mulai dari sama-sama bukan apa-apa, jadi saling menumbuhkan saling mendidik. Jangan habis manis sepah dibuang, hehehe. kalau ada yang masih bisa diperbaiki, kasih tahu pihak rekan untuk memperbaiki. kalau udah terjadi kesalahan fatal biasanya menyangkut kepercayaan, ya move on aja lah. Masih byk kok rekanan laen. jgn pernah takut utk melangkah. gagal itu lumrah, justru yg paling berbahaya adalah diam dlm kebimbangan tdk melakukan apa2.


Sekali lagi, bisnis itu sebuah perjalanan menuju kebermanfaatan, Apapun yg terjadi, hrs tetap berjalan, selagi masih ada nafas kehidupan. 🔖

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe