Asyiknya Berkuda (part 1)

23:47


Berkuda, riding horse bukan lagi kegiatan mewah yang tidak tersentuh. Janganlah membayangkan berkuda hanya untuk warga kerajaan lengkap dengan pangeran berkuda putihnya, atau ksatria dalam pertempuran yang mampu mengalahkan lawan-lawan. Berkuda bisa dilakukan oleh siapa aja. Anak kecil, remaja, dewasa, kakek-kakek, atau bahkan anak berkebutuhan khusus dan spesial, seperti autis bisa berkuda. Bahkan, kuda termasuk hewan yang sensitif bgt, mirip sama lumba-lumba, bisa merasakan aa yang dirasakan oleh orang-orang sekelilingnya. Makanya, banyak yang menggunakan terapi berkuda.

Saya pernah mendengar suatu hadist yang berisi tentang ajaran untuk berkuda. 'Ajarilah anakmu berkuda, berenang dan memanah'

Hadist yang sangat menggelitik pikiran saya. Satu yang dapat saya ambil kesimpulan, jadi wanita tangguh.

Mungkin esensi dari ajaran untuk berkuda adalah kemampuan dalam mobilitas. Zaman Rasulullah dulu kendaraan yang paling diandalkan adalah kuda. Jika dibandingkan dengan zaman sekarang, bisa jadi berkuda disini memiliki arti lancar mengendarai motor, mobil, kapal laut, bahkan kereta atau kapal terbang. Alhamdulillah hanya mengendarai kereta dan kapal terbang yang saya belum pernah coba. Motor mari ngebut, mobil lumayan, kapal laut yang paling ribet, bagaikan nyetir mobil tanpa gesekan. Belok ke kanan kelamaan langsung muter tuh kapal. Brrr.. apalagi faktor angin+arus yang kenceng. Alhamdulillah masi sempet belajar mengemudikan kapal laut semester 6 lalu.^__^ hehe

Terlepas dari berbagai macam mobilitas zaman sekarang, saya sangat penasaran dengan rasa 'berkuda' sesungguhnya. Berkuda tanpa dituntun oleh seorang pemandu, seperti yang sering kita rasakan di tempat-tempat wisata. Berkuda sepenuhnya kita yang mengendalikan. Hiyaaaa.. *berasa zorro.. hihi..

Hari sabtu lalu(6 November2010), saya berkesempatan untuk les berkuda yang pertama kalinya... Ditemani si kuda cantik Ayu kedini berwarna coklat tua, saya memulai perkenalan dengan dunia kuda.(sayang bgt saya ga foto-foto.. hik.hik)

Ada beberapa fakta tentang kuda yang saya dapat..

1. Jangan pernah takut dengan kuda.
Karena kuda itu hewan yang sangat sensitif, kuda tau kalau kita takut, tapi jangan sekali2 sombong didepan kuda. (saya jd inget cerita harry potter saat mw mendekat buckbeak.. hehe)
Hmmm.. pernah denger gosip wanita yg sedang halangan ga boleh deket2 kuda?? itu salah besar!! dan saya adalah salah satu orang yang tertipu. Temen kosan saya, anak kedokteran hewan, pernah bilang kalo lagi halangan tuh, jangan pernah deket2 kuda karena pasti kuda2 itu marah, dan bakalan nendang kita, mereka sensitif, bisa ngerasain. Yah, sebagian bener, sampe2 saat pertama deketan sama ayu, saya takut banget...(>_<)

2. Datangi kuda dari arah samping
Jangan mendekati kuda dari arah depan atau belakang, karena akan beresiko untuk ditendang. Jaga kontak mata saat awal 'berkenalan' (lagi2 saya ingat buckbeak,hehe). Setelah itu tepuk2 leher kuda, sebagai tanda kenalan.. sekalian de ajak ngomong kuda-nya.. 'Haloooo.. ini nelaa.. kita temenan ya ayuu..' yaah, itu penggalan dialog pertama saya dengan ayu.

3. Sebelum berkuda, persiapkan dulu..
Pelana, 'kaoskaki kuda', tali kendali, dan jangan lupa pake sapatu boot, biar terlindung. Oh iyaa.. bwt yang pake rok, kalo mw berkuda pake rok super lebar yaaa.. ato pake celana dulu lah, gapapa, daripada keserimpet trus jatoh dari kuda kan ga lucu bgt. Soalnya kuda lumayan tinggi, dan untuk orang imut setinggi saya, bwt naek kepunggung kuda itu butuh perjuangan lhooo.. *sadelnya aja sekitar sepinggang saya..hihihi.. macho bgt dah naeknya.. :p tapi saya masih bisa naek sendiri tanpa bantuan.. horeee^^

4. Kuda itu tinggi.
hahaha.. yap. itu yg pertama kali saya rasakan dari atas punggung kuda, melihat dunia lebih tinggi (lebay) dengan pemandangan gunung salak, rasanya sore itu jadi sore yg super duper asik.
Kuda berjalan, efek goyang2 mengerikan mulai terasa. widiiiiihh.. rasanya pengen cari pegangan atau sandaran. but, nihil. ga ada. cuma berbekal tali kendali dan menjepit punggung kuda pake kaki yang jadi andalan.

5. Jepit kakimu, dan kuda mulai berjalan.
Ada beberapa macam gaya duduk diatas kuda, yang paling mudah bwt saya adalah gaya 'standing'. duduk tegak, dada sedikit (terpaksa) membusung, kaki (agak) melipat sambil menjepit badan kuda. Tumit, bokong dan bahu berada di satu garis lurus.. rasanya mirip naek motor mio dengan kaki yang melipat kebelakang, kearah pijakan penumpang.
Kuda akan berjalan ketika jepitan kaki kita ke kuda bisa dirasakan oleh kuda. Begitu juga tali kendali, tidak boleh dibiarkan kendur, tapi harus tetap ditarik. Ini yang jadi permasalahan, saya ngerasa ga tega bwt menjepit badan apalagi narik leher sang kuda, alhasil ditengah jalan beberapa kali tu kuda balik arah sendiri..'Merasa ga ada yang ngendaliin,' gitu kata pelatih saya. hehe^^

6. Nikmati setiap gerakan kuda.
Goyang2 asoyy.. jangan kaku. asyik koq. hehehe.. Setelah beberapa putaran naik kuda sendirian, saya sudah mulai terbiasa. Okeeh. ga jauh beda koq sama ngendarain motor. Bedanya kuda itu hidup, dan bisa bereaksi sendiri. (mungkin) rasanya mirip naek motor sport yg gede kali yaa..
saya belum pernah nyoba c, pasti jepitan kakinya mirip. Motor mio kan body-nya ramping, dijepit juga ga gitu berasa. hehehe..

7. jangan lupa ucapin 'Terimakasiiihh^^'
Saya ga becandaa looo.. sekali lagi saya bilang, kuda itu sensitif, jadi saat kita mw turun, jgn lupa usap2 leher kuda, sambil ditepuk2 cuma untuk bilang 'thank you', hehe :D


Pertemuan pertama saya di les berkuda ini hanya mempelajari grooming atau persiapan kuda dan belajar menunggangi kuda versi kuda dalam keadaan berjalan. Tak sabar menunggu pertemuan kedua untuk mempelajari teknik berlari . hehehe..

Bwt yang tertarik, les berkuda ini dibuka untuk umum lhoooo.. kelas regulernya untuk 4x pertemuan hanya dikenakan biaya Rp.100.000. Murah untuk standar belajar berkuda.. hehehe.. Ada yang berminat? silakan hubungi saya.. (^__^)

satu langkah iseng menjadi wanita tangguh. :p
Dramaga, november 2010

You Might Also Like

15 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe