Menebar Kebahagiaan

11:02


Menjadi bahagia memang tiada tara nikmatnya. Saya menemukan satu lagi kegiatan yang sangat membahagiakan. Memberi pakan ikan. hehe..


Saat ini saya sedang menambil mata kuliah dasar-dasar akuakultur(daskua), agak telat memang, karena mata kuliah ini seharusnya diambil pada saat semester 3, tapi saya baru sekarang.. hho..it doesn't matter..yang terpenting adalah bisa mengambil pelajarannya.. ^__^ bukan begitu..

Setiap kelas di mata kuliah ini diberi jatah 1 kolam besar di kolam percobaan fakultas perikanan dan ilmu kelautan. Serta diberi kewenangan dantanggung jawab penuh untuk mengurus kolam itu sejak persiapan kolam, pembenihan, pemijahan, pemeliharaan larva ikan, hingga pembesaran dan ikan siap panen. Nah, di akhir semester nanti menjadi perlombaan tersendiri dari 5kelas paralel yang ada, kelas mana yang berhasil menghasilkan ikan paling banyak dan paling besar.. hohhoo.. sekedar tau, tahun lalu, kelas dari jurusanku jadi kelas terbaik panennya.. mudah2an tahun ini masih bisa mempertahankannya.. hahaha..
#ternyata kelas anak2 jurusan perikanan laut pun ga kalah dari kelas anak2 jurusan budidayanya sendiri.. hahaha.. :D

Pembudidayaan kali ini, menggunakan dua jenis ikan, ikan lele dan ikan nila daam satu kolam yang sama. Ini tidak menjadi masalah karena jenis makanan ikan lele dan nila sangat berbeda, sehingga walaupun dalam kolam yang sama mereka tidak berbutan makanan.. ^__^. Nah, sekarang tahap perkembangan ikan nila sore ini akan siap panen larva. Larva yang dipanen akan dimasukkan ke kolam besar. sedangkan ikan lele yang sudah terlebih dulu ditebar di kolam besar saat ini sudah mencapai panjang sekitar 15cm.

Hal yang sangat menyenangkan adalah saat mendapat giliran memberi pakan ikan. Hohoho...
meski bau pakannya naudzubillah.. ternyata sangat menyenangkan.. tebar segenggam.. dan mereka langsung menyerbu... tebar 1 biji, mereka berebutan. Apalagi dalam sehari, memberi pakannya berkilo-kilo.. sekarang aja 5,6kg perhari. Padahal ikannya masih piyik2 gt.. hahaha..

Percaya deh.. berbagi dengan yang lain (termasuk ikan) efeknya menyenangkan banget lhooo..
Padahal kita ga ngerti bahasa ikan, tapi tetep aja kita bisa memahami kebahagiaan mereka. Apalagi berbagi dengan sesama manusia, pasti efeknya akan lebih menyenangkan..

Menebar dan menjaring kebahagian untuk hidup yang lebih bahagia.. ^__^


Depok, 6 November 2010
Sebelum berangkat ke kampus untuk panen larva siang ini..^^
GANBARIMASU!!

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe