ZIONISME (Part 1: Awal Mula Zionisme)

23:39



Kata Zion mengacu pada sebuah bukit yang ada di barat daya alQuds/yerussalem. Disana ada Zion Gate yang di dalamnya dipercaya ada makam Nabi Daud, mereka menyebutnya sebagai Kings David's Tomb.

Zionisme itu sendiri bisa diartikan sebagai ambisi untuk membangun Haikal (Candi) sbg bukti kekuasaan nabi Sulaiman.

Inisiatir Zionisme yang paling berpengaruh adalah Theodor Herzl. Seorang yang berasal dari Austria, yang juga sempat menuntut ilmu di Istambul. Sehingga Herzl tercatat sebagai warga Khilafah Turki Ustmani.

Zionisme adalah sebuah pergerakan di dalam kalangan Yahudi. Jadi, tidak semua Yahudi itu menganut Zionisme, tapi bagi mereka penganut Zionisme, dpt dipastikan adalah Yahudi.

Awal mula zionisme

Pemberontakan Maccabee

terjadi pemberontakan pada tahun 166 SM(Sebelum Masehi) hingga tahun 164SM oleh penduduk Yahudi kepada Kerajaaan Seleuid yg saat itu sedang berkuasa. Pemberontakan ini dinamakan dg Pemberontakan Maccabee. (stlh ku browsing ternyata) Maccabee ini adalah salah satu nama pemimpinnya. Berhasil memberontak di Wilayah Judea. (Ini juga asal mula knp Yahudi dlm bhs Inggris disebut Judish). Perang di wilayah Judea  hingga akhirnya berhasil mendirikan Kerajaan Yahudi pertama, Kerajaan Hasmonean. Perang ini berakhir tahun 140 SM dikarenakan perang saudara, dan kisah ini mahsyur dikenal dg tragedi Pompei. (Pompei sudah di angkat ke film layar lebar oleh hollywood, aku baru tau bgt kalo ternyata ini asal usul cerita Pompei).

Era Bar Kokbha

Kekuasaan Romawi, dibawah Kaisar Hadrian, tidak menyukai keberadaan Yahudi. Romawi pd saat itu sangat fanatik dan kejam, bahkan jika mendengar dan mencium sedikit yg mencurigakan langsung dieksekusi dan juga ada peraturan hukuman kolektif. Kaisar Hadrian mengeluarkan seluruh orang-orang Yahudi dan mengumpulkannya di satu kota khusus Aelia Capitolina (ini yg akan jd cikal bakal kata capitol ~ ibukota), satu daerah yang berada diatas bukit.

Simon Bar Kokbha menginisiasi pemberontakan di wilayah Romawi pd tahun 132 SM. Pemberontakan ini dipersiapkan selama kurang lebih 5 tahun, tanpa ketahuan, tanpa terdeteksi. Simon Bar Kokbha dan para pengikutnya membangun terowongan sepanjang wilayah Romawi, terowongan yang bisa mengakses ke segala penjuru kota. Kokbha itu berarti bintang, Bar Kokbha bisa diartikan sbg Anak Bintang. Simon Bar Kokbha dg sombongnya mengatakan satu permohonan pd Tuhan, agar Tuhan tidak membantu musuh-musuhnya. Niscaya dia pasti akan menang.
Pemberontakan Simon Bar Kokbha ini sangat besar, karena Romawi diserang langsung dari dalam tanah tanpa terduga-duga. Bahkan Romawi memerlukan 4 Legion untuk memadamkan pemberontakan ini. 1 Legion setara dengan 5000 prajurit. Sebagai gambaran, utk menaklukkan Inggris, Romawi hanya butuh 1Legion, utk menaklukkan Perancis, Romawi butuh 2Legion. Tp utk Bar Kokbha ini butuh 4 legion. Kejadian Bar Kokbha ini juga membuat Yahudi Zionis di masa kini gentar dg perjuangan Hamas di Palestina yang membangun terowongan-terowongan. Krn mereka sadar, leluhurnya pernah sukses besar dg metode terowongan. Hal ini yg mengakibatkan mereka sangat memaksa agar bisa menguasai Mesir shingga bisa mengeluarkan kebijakan utk memompa air laut ke terowongan-terowongan Hamas.

bersambung ke part 2 (Yahudi di Palestina)
catatan @nelaindah 🙆🏻

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe