Sahaja dalam ujian

01:18

Semakin banyak menjalani kehidupan, semakin banyak pula kejadian kejadian yang hinggap. Entah sebagai pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, atau bahkan cerita cerita dalam buku yang (dengan izin Allah) kita baca. Banyak sekali bentuk ujian, banyak sekali bentuk kehidupan. Cerita-cerita paling tidak masuk akal, tiba-tiba saja melintas dalam kabar seorang teman yang sudah lama tidak terdengar. Cerita-cerita mencengangkan tiba-tiba terucap dari kawan yang tidak terduga. Tidak ada manusia yang biasa di dunia ini. Semua Allah takdirkan dengan jalan hidup yang istimewa. Tak ada ujian yang tak berat. Tapi tak ada juga ujian yang tdk bisa dijalani. Allah selalu berikan dosis yang paling pas untuk kita semua. Jawabannya pun selalu sama, hanyalah perpaduan sabar dan syukur dengan kadar yang berbeda tiap orangnya. Jangan pernah iri dengan orang lain yang terlihat lebih enak hidupnya. Jangan pernah merasa menjadi manusia paling merana sedunia. Jangan pernah merasa menjadi manusia yang paling mudah urusannya. Diatas langit masih ada langit, cahaya diatas cahaya. Jangan pernah iri pada bunga kecil yang seakan tak bermakna. Padahal banyak kehidupan yang bertautan diantaranya, memberi makna dalam kesahajaan.

Manusia, lebih dan kurangnya hanya tergantung dari pemanfaatan waktu yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa. Semoga kita semua bijak menggunakannya.

"Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada di dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, nasihat menasuhati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS Al ashr: 1-3)"

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe