si Gadis Tulang Punggung Keluarga

02:57

*awastsurhat*byar*


Lahir sebagai anak pertama, di keluarga yang sederhana dan bahagia. Gadis itu tumbuh tanpa banyak tuntutan, tanpa banyak permintaan. Mengalir begitu saja. Tak ada briefing mingguan demi target dakwah keluarga yang mesti diraih, tak ada siraman ruhani pasca sholat subuh di ruang solat dalam rumah. Tak ada pengajian sekeluarga sehabis solat magrib. Semua berjalan seperti keluarga Indonesia pada umumnya. Biasa. Ikut TPA sejak kecil dan sekolah menengah di sekolah islam adalah salah satu jalan paling berkah, yang mengubah seluruh kehidupan gadis ini setelahnya.

Gadis ini mencoba nasib menjadi pengusaha. Jatuh bangun.

Terkadang muak dengan keadaan, kenapa Allah coba dengan ujian kemiskinan. Yah, bahkan sempat berada dalam garis batas kemiskinan. haha. Jika mengingat kembali definisi miskin sebagai orang yang hanya bisa memenuhi separuh dari kebutuhan.

tak mudah

Terkadang patah. Karena benar sekali apa kata orang Ada uang kau kusayang tak ada uang kau kubuang. Hahaha. Saat dalam keadaan jatuh kita bisa melihat siapa teman sebenarnya. Siapa yang tetap menyapa, siapa yang tetap mengulurkan peluk hangat.

nyaris menyerah.

Yah. ditambah urusan hati yang terkadang tak juga berkesudahan. iri sana sini, melihat si anu bertemu yang shaleh, si itu berjodoh dengan sholehah. Bagaimana nasib hati yang tak juga menambat. terombang-ambing ditengah kekisruhan kehidupan.

Haruskah menunjukkan segala kerapuhan? tidak. tentu saja tidak. Balutan senyum riang gembira sana sini, menjadi topeng yang perlahan menyerap masuk ke dalam jiwa. berubah sendiri menjadi bahan bakar pemicu semangat. Ternyata benar, pepatah yang menyebutkan tersenyumlah maka akan berjumpa bahagia. Tapi bukan hanya itu. Riang gembira lah, maka semangat kan tumbuh sendiri dari dalam jiwa.

 Ada yang tak pernah tidur dan tak pernah lupa. Ada Allah yang Maha kuasa. karena sungguh yang paling bertakwa adalah yang utama.


***
Siapapun kamu gadis tulang punggung keluarga, bersemangat! semoga setiap yang dihasilkan untuk nafkah keluarga adalah terhitung sedekah dan amal jariyah. Semoga ganjaran dari Allah berlipat ganda.

You Might Also Like

3 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe