Kadar Kegelisahan

23:54



Hari ini aku membaca buku #NasihatDiri, berikut aku share chapter pertamanya. Judulnya Mengenali Kadar Diri. "Kenalilah kadar dirimu, dengan mengenali apa-apa yang menggelisahkanmu" (Teddi Prasetya Yuliawan).

Mendapati paragraf pertama, seketika kulangsung termenung. Apa yang menggelisahkanku belakangan ini?

Dikhianati? kegagalan bisnis? kerinduan? Persahabatan? Orangtua? keluarga? Kesehatan? Cicilan hutang? Sekolah lanjutan? Pernikahan? Tagihan listrik, telpon, internet dan segambreng tagihan bulanan yang lain?

Aku langsung merasa kerdil. Kecil.

Flashback seminggu yang lalu menjenguk sabahat yang mendapatkan musibah, ayahanda meninggal dunia tiba-tiba. Tanpa sakit sebelumnya, tanpa tanda-tanda. Semua bagai kilatan petir di siang bolong yang terik.

Sahabatku ini terlihat sangat tegar, bercerita panjang lebar, bahkan sudah bisa tersenyum dan bercanda. Ada satu penggalan pembicaraan yang sangat membekas.

Semua terasa sangat cepat, banyak kekhawatiran, Sebagai yang ditinggalkan banyak sekali kekhawatiran, adik yang masik kecil, tugas kerja di luar pulau, cicilan-cicilan, tapi kebanyakan hanya kekhawatiran dunia, insyaAllah Abi akhir hidupnya mudah, tidak merepotkan, insyaAllah jalannya mudah, semoga termasuk husnul khatimah, semoga mendapat surga.

Selalu ada sisi baik dalam setiap kejadian, termasuk kesedihan dan kegelisahan. Sebaik-baik pengingat adalah kematian. Mengingat kematian bisa sangat menakutkan, mendebarkan dan menggelisahkan. Kapankah akan tiba giliran kita, Sudahkah kita siap?

Apa kegelisahan kita hari ini? Gelisah sedikit orderan? Gelisah karena telat datang kerja? Gelisah karena belum bayar listrik? Gelisah karena belum sempat dzikir? Gelisah karena menunda sholat? Gelisah khawatir akankah kita dalam meninggal husnul khatimah? Atau Gelisah karena hari ini tidak melakukan apapun untuk negara dan ummat?

Semoga kegelisahan kita selalu membawa kepada kedekatan padaNya, bukan sebaliknya. Semoga segala kegelisahan kita bisa menjadi cambuk diri agar bisa menjadi lebih baik setiap hari. Agar bisa bermanfaat untuk ummat.

Fighting!


You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe