#GAJI : Sambutan kecil untuk Senin Semangat

22:24

Tulisan ini edisi kompilasi dari cuap-cuap singkat saya di Twitter.

PNS akan menerima gajinya dengan jumlah yang tetap, berdasarkan golongan, dan kita semua sudah bisa menebak jumlahnya. Sudah menjadi rahasia umum.

Banker, BUMN dan karyawan di perusahaan multinasional juga memiliki gaji tetap dengan jumlah bonus yang seringkali fantastis.

startup (yang sudah funding) atau bahkan sudah jadi unicorn dan mengarah pd IPO jg bisa menentukan dengan standar perusahaan besar.


Kadang kita lupa diri, masih sangat kecil tapi berlagak super. Kontribusi kurang tapi mengharap penghasilan dan besar.



Bayangannya gini, misalnya mematok 5jt. Apakah iya yang dilakukan selama sebulan kerja itu bisa menghasilkan laba 5jt untuk company?



Kalaupun menghasilkan laba 5jt. itu artinya belum bisa memberikan tambahan laba untuk perusahaan. Laba yg kamu hasilkan hanya cukup untuk gajimu sendiri.



Apalagi kalau kontribusimu ternyata blm bisa mendongkrak sales. Harus diasah ulang mental usahanya. Mental insecure nya.


menurut yg kulihat dari kacamata sok tahu, kadang, besaran membuat seseorang menjadi terlena dan merasa aman.


Sangat jauh berbeda dengan kondisi usaha tradisional yang kondisi riilnya terlihat jelas di depan mata. Tanpa banyak tangga birokrasi.


misalkan laba 10%. Maka harus benar-benar menjual dengan omzet minimal 50jt, utk mendapatkan penghasilan 5jt.

gak heran karyawan migas lapang gajinya bisa lbh dr 50jt sebulan. Bayangin aja, bisa membantu menghasilkan minyak entah brp barrels.

resiko besar, jauh dr keluarga, kontribusi utk laba ke perusahaan jg sgt besar.

sementara karyawan biasa yang tidak ada hubungan dengan laporan Keuangan atau Sales harian, rentan berhadapan dengan kondisi yang melenakan. #gaji


Tanpa tahu, arti kehadirannya adalah menguntungkan atau sebuah liabilitas bagi perusahaan. #gaji


beda lagi dengan perusahaan yang sudah mendapat suntikan modal, funding atau IPO ya, gak perlu mandi keringet secara kasar untuk bisa mengeluarkan .


jd, untuk teman-teman yang gajinya lumayan, coba deh sesekali jualan. Langsung diujung tombak perusahaan, menghadapi end user.


pasti akan menghargai setiap recehan yang dihasilkan. Betapa kita ngantuk di tempat kerja dan gak produktif di kantor itu bakalan berefek sangat besar pada keberlangsungan (usaha).


Jd jangan bermuram durja, kalau mu masih dibawah UMR. Jangan-jangan memang kontribusimu masih dibawah kinerja para buruh. haha.



Buruh itu kerjanya sgt keras lho.Penuh peluh keringat, nonstop.dg waktu kerja 8 jam sehari.Iya gitu kamu kerja serius bgt dlm 8jam?


berapa menit curi curi nontonin Kirana? berapa puluh menit intip intip sosmed? atau istirahat siang nya malah bablas ketiduran? haha

ayo semangat jd org produktif. Literally Produktif. menghasilkan produk,menghasilkan karya, menghasilkan jasa.


Bukan orang-orang yang mengutuk keadaan. Mengutuk masa lalu. Yang plg penting apa kontribusimu untuk perbaikan, itu saja.


Jangan ikutan menghujat senin, lantaran selesainya akhir pekan. Tapi mari kita sambut senin dengan senyum ceria. Kita butuh senin.

kita butuh senin untuk menyambut perjuangan yang baru. Semangat ya!


You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe