Adult Coloring Books Therapy

11:46

Saya pertama kali melihat adult coloring books dari sebuah postingan facebook dari kakak kelas saat di SMA, Kak Raneeta namanya. Saat ini beliau tinggal di Batam dan Singapura bersama suami dan anak-anaknya. Kesan pertama adalah takjub, karena objek yang diwarnai begitu komples dan hasilnya menawan dengan segala kerumitannya. ((Entah kenapa segala yang rumit memang selalu memiliki sisi menarik, dilarang baper, hahaha)) 

Ternyata, beberapa bulan kemudian, adult coloring book ini tersebar dimana-mana. Setiap toko buku mulai memajang buku mewarnai ini di jajaran depan. Bahkan, untuk toko buku online, banyak sekali diskon yang diberikan. Sebut saja Bukabuku.com yang memberikan diskon 20-30% untuk jenis buku ini. Kalau yang tidak buru-buru bisa memesan di bukabuku, tapi kalau yang buru-buru sebaiknya pesan ke gramedia.com (diskonnya 10-15%) atau langsung datang ke toko buku terdekat. XD

Saat ini saya masih proses menunggu buku sampai. Hahaha. Penasaran, pengen coba. Biasanya, saya menggambar sendiri dan malas untuk mewarnai. Gambar yang saya buat pun sangat terpengaruh dari mood dan kondisi. Seringkali tidak selesai, dan mandek ditengah jalan, akhirnya ditinggalkan. Kalau untuk gambar digital saya belum mampu, (anaknya gaptek banget) entah kapan saya terakhir kali menggunakan instrumen dan aplikasi digital untuk menggambar. Mungkin jaman kuliah awal. haha. Sudah nyaris 7-8 tahun lalu, dan dunia sudah berubah. Teknologi sudah semakin canggih, sementara saya belum memperbaharui kemampuan (hammer)

Jadi, apa sih sebenarnya kegunaan kegiatan Mewarnai (pada orang dewasa khususnya)? 

Padahal kesannya, Mewarnai adalah kegiatan untuk anak-anak kecil, yang masih pre-school, TK, atau SD. Sejak kita SMP, SMA dan kuliah, mewarnai sudah jarang sekali ditemui. Selain yang memang benar-benar hobi, kuliah jurusan seni, atau tuntutan pekerjaan lainnya. 

Setelah saya cari-cari tahu sedikit, ternyata, mewarnai ini adalah bentuk terapi. Salah satu Me Time, hening, dan menenangkan. Kita dituntut untuk fokus tapi disisi lain juga relaxing. Pada anak, Mewarnai melatih kemampuan motorik dan kemampuan konsentrasi. Mungkin, Pada orang dewasa ini tanpa disadari sudah mulai ditinggalkan, terhimpit oleh rutinitas yang menekan psikis dan fisik. Seringkali kita lupa menikmati hidup, menikmati pergerakan. 

Kalau menurut Jim Marcotte dalam Quora.com, ada beberapa alasan mengapa Adult Coloring Books menjadi begitu popular : (mohon dimaafkan males nerjemahin.lol)


You do not need to be a skilled artist to create a beautiful design. Here at The Coloring Café™ we have coined the term “guided creativity” to explain it. Because you are not starting from a blank sheet, coloring becomes a calming, non-threatening method of expressing creativity. All you need is a book, some colored pencils or markers, and you are on your way.



It’s simple, basic therapy. Fans of coloring report that it helps quiet the mind and at the same time increases their focus. It’s a great way to disconnect for a bit, to leave the frantic pace of our digital world behind and mindfully create something beautiful. It’s meditation without the mantra or cramped legs.



Coloring is a versatile pastime. It can be a quiet calming moment, perhaps unwinding after the kids are in bed, or it can be a social event complete with wine, snacks and laughter (just don’t spill on your newly created masterpiece!). We have supplied coloring get-togethers, birthday parties and wedding showers with coloring book and pencil kits, and the participants have raved about how much fun it was.



Coloring is portable. You can tuck a book and pencils into a purse, tote or briefcase and use them to pass the time anywhere. Long waits at the doctor’s office, in the car to pick up the kids, passing time in a hospital room—virtually any spot can be a coloring refuge.



Coloring can be social. There are Facebook groups with thousands of members, Pinterest and Instagram pics galore, groups springing up in cities large and small. Even the “anti-social media” social media site Reddit has some coloring subs. You can share your creativity on these sites or just hang out and be inspired by others, because with coloring there are no rules.


Mari Mewarnai, mari menikmati hidup, mari memberi warna pada hidup! uyeay! 

:D 
SH, 17/11/15
  


You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe