Value tempat dan package

18:08

beda tempat beda value beda kemasan beda value



yes. it is. 

sesimple itu. 

siang tadi Depok panas menyengat, sehabis silaturahmi ke rumah mbak cantik, ikutan belajar bikin kue, anter jilbab sponsor untuk Sekolah Alam Indonesia, dan mampir ke JNE margonda -gabisa dibilang mampir sih, gue bawa 4 karung jilbab.haha- Sengatan matahari bikin bener-bener dehidrasi. Habis dari JNE gue ke AJC ambil laptop, sambil nyetir sambil menghayal es kelapa, rujak irian, es sarang burung 88, dan segala macem yang seger-seger. Tapi otak gue korslet, yang diotak gue hari ini adalah hari minggu, 88 pasti tutup (padahal jelas jelas br hari sabtu. haha). 

Akhirnya mampir ke kedai es kelapa di deket Agung, gakjauh dari Saung Talaga. Pesen es kelapa tanpa es dan tanpa gula, sebutir. Minum seperti orang buka puasa. Pas bayar, ternyata cuma 8 ribu doooong. 

8 ribu udah bikin kenyang kembung seger. Sepoi sepoi dibawah pohon ceri, asik lah, dan gak lupa parkiran yang luas plus gratis. Haha. Parkiran jaman sekarang kan ngeselin, motor aja dua rebu, apalagi mobil. heu. 

Sebenernya maksud gue nulis cerita ini, beberapa waktu sebelumnya gue beli es kelapa butir tanpa es tanpa gula yang hampir sama, nyaris sama, di warung sebelahnya, sebut saja Saung Talaga, itu harganya 20ribu. Wow banget gak sih, beda 2,5kali lipat loh. 250% lebih mahal. Padahal tempatnya sebelahan. 

Kelebihan saung Talaga yah tempat dan menu nya yang udah level restoran. Suasana pinggir danau juga jadi hal yang patut diperhitungkan. 

Saat diperjalanan pulang, gue mikir, betapa produk yang sama, akan benar-benar bernilai beda, tergantung packaging dan penempatannya. Value apa yang ikut menempel pada suatu produk, terkadang jd poin kritis pembeda dalam pengambil keputusan customer. 

Aksioma high risk high return emang seringkali benar di berbagai lini bisnis. Walo gak selalu benar juga sih menurut gue. Kapan kapan gue nulis tentang ini deh. 

So, udah sih, tentuin value, tentuin package, dan jangan pernah ragu buat menetapkan harga. Karena yang 8ribu atau yang 20ribu, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Juga punya potensi dan resiko masing-masing. 

Have a nice weekend! 

Nelaindah
Sabtu, 21 Februari 2015

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe