Jurus Beladiri Kungfu (PG) untuk Muslimah

23:01

Insya Allah gue akan ujian Puteri Gading 1 segera, *doakan ya.. *

Nah, untuk membantu mengingat jurus, berhubung tak akan pernah ada video Puteri Gading di youtube, gue berharap tulisan ini bisa membantu saat ingatan sudah agak melemah. :D

Kisi-kisi jurus Puteri Gading 1 (Jurus 1 hingga 12)

1. Menangkis tendangan kanan-kiri
2. Menghalau 3 pukulan beruntun, tengah-bawah-atas, sambil mundur.
3. 'Melempar' 2 pukulan. Sambil 'menampar' wajah lawan.
4. Pukulan dengan semua jari-jari menekuk. 2 langkah maju.
5. Mengalirkan tendangan dengan lembut. 3 langkah mundur.
6. Menangkap pukulan, menampar dengan tangan bangau, kanan-kiri. Berputar, cakar dan berikan tendangan 'ikan terbang' (minjem nama tendangan di Tapak Suci)
7. Menangkis sambil mengalirkan pukulan, tarik kepala-jatuhkan, pukul dada dengan telapak tangan. kanan-kiri.
8. Sikla bercermin, tangkap pukulan, patahkan dengan tangan kiri, pukul dagu. kanan-kiri.
9. Menangkap pukulan, tekan muka, tarik kebelakang, injak. kanan-kiri.
10. Sikla cantik (:p) kuda-kuda tengah, tangan kiri mendatar di depan kepala, tangan kanan mendatar di depan perut. Tangkap pukulan, patahkan. kanan-kiri. Akhiri dengan memutar lengan atas lawan dan menariknya ke arah belakang.
11. Sikla keren. hehe. kepal kedua tangan, melindungi muka dan badan bagian kanan (kiri). Pukul memutar arah bawah, sasaran perut. kanan-kiri.
12. Sikla silang, tangkap pukulan-patahkan-Tarik-bantu tendang dengan lutut. Kanan-kiri.

Okay, kedengerannya agak serem memang, tapi tetep loh, Puteri Gading ini adalah beladiri yang paling ramah wanita. Nggak ada gerakan yang 'merugikan' wanita.
Setiap beladiri memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta punya juga kesamaan antar beladiri. Seringkali banyak prinsip gerakan yang mirip. Hanya 'fokus' utamanya saja yang berbeda.

Gue pernah mengikuti tiga macam beladiri, yaitu Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang beraliran silat lokal, Aikido yang impor dari negeri Jepun, dan terakhir gue ikut Thifan Po Khan Puteri Gading yang beraliran kungfu Muslim dari dataran Cina.

Tapak Suci gerakannya indah, kuda-kudanya harus mantap, dan banyak tendangan yang asik. Khas gerakan-gerakan silat lokal. Kalau Aikido, mayoritas gerakannya adalah hindaran. Menghindari lawan dan mengalirkan energi lawan agar tidak mencederai kita. Gerakannya cantik, dan tepat untuk hindaran. Ada gerakan yang namanya ukemi, gelundungan (jika dengan teknik yang tepat) tanpa rasa sakit, meskipun itu dilakukan di lantai marmer atau jalanan yang keras. Gelundungan ini makin jago, makin asik dilihatnya, bisa dilakukan sambil melompat dan berputar di udara juga. Ukemi ini sering dilakukan sama aktor-aktor laga. Nah, kalau Puteri Gading, banyak gerakan yang 'agak' sadis memang, untuk lawan. Maksudnya agar setiap gerakan menjadi tepat dan efektif. Gak perlu buang-buang energi. Memberi waktu untuk lari. hehe. :)

Semua beladiri sih, menurut gue, pada prinsipnya, kalo masih bisa menghindar dari perkelahian, mending ya menghindar aja. Kalau bisa, dengan melakukan sedikit jurus tepat sasaran, sudah memberikan jeda waktu untuk lari. hahaha. Gue kan cinta damai. haha. Tapi ya kalo dibutuhin semoga bisa keluar deh jurusnya. Semoga refleks gue makin oke. : D  

~bocah-bocah cilik di halaman rektorat UI~ 

lagi ikutan latihan bareng nyak-babehnya yang juga lagi latihan. :)
*entah itu lagi pada berantem beneran, ato lagi belajar berantem menerapkan jurus.*

You Might Also Like

4 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe