Wisuda IPB

ditulis oleh nela indah ermawati

Sistem per-wisuda-an di IPB memang sangat khas. Setahun, ada lima gelombang wisuda. Gelombang pertama di bulan September, kedua di bulan Desember, lanjut Februari, April, dan terakhir belombang 5 di bulan Juli. Karena itu juga, setiap kali wisuda diterapkan kuota maksimal. Pada setiap gelombang kuota maksimal peserta wisuda hanya 800 orang. Sudah termasuk wisudawan S1, S2 dan S3. Hanya wisudawan D3 yang tidak termasuk dalam hitungan. Para wisudawan D3 disediakan hari terpisah oleh pihak kampus.

Sistem kuota ini juga yang terkadang bikin miris. Kehabisan kuota sudah menjadi rasa pahit-pahit manis yang hampir PASTI dirasakan oleh mahasiswa IPB. Mungkin saja ada yang tidak merasakan pahit, pilihannya ya, kalau gak hoki, ya memang sudah pasrah aja. hehe.

Pada kasus yang saya alami, saya seminar akhir penelitian tanggal 20 Oktober 2011 dan sidang akhir 9 Desember 2011. Namun pada kenyataanya saya baru wisuda pada 4 Juli 2012. Ehehe. Jauh banget memang. Bahkan saya mendapat nomor urut 10 untuk wisudawan pendaftar gelombang V Juli 2012. Teman saya yang mendaftar sehari sebelumnya, masih mendapat kuota April. miris.

Whatever, alhamdulilllah wa syukurillah akhirnya saya wisuda juga. :)
~grandma & nela~

Sebuah akhir dari perjuangan panjang dengan bonus gelar Sarjana Perikanan, predikat sangat memuaskan. Iya, jauh banget dari cumlaude. hehe.

Sebuah akhir untuk memulai kehidupan yang baru.
Sebuah akhir dan tak sabar kembali ke gerbang sekolah berikutnya. Yap. saya mau S2. entah kapan dan dimana, belum pasti. hehe. Allah, saya mau sekolah lagi.


Wisuda Gelombang I tahun ajaran 2012/2013 dilaksanakan 26 September 2012.
Alhamdulillah teman se-Lab, teman penelitian, teman seperjuangan, sepenanggungan, Siti Rohanah, S.Pi wisuda. Memang Rohana agak mundur, karena tetiba Rohana menikah dan sekripsi terpaksa tertunda sementara. Selamat ya sayang! :)

Semoga segala ujian, segala 'pelajaran' dari perjuangan panjang telah membentuk kita semakin kuat ya. Saatnya pembuktian nih Na, semangat!! :D

~rohana & nela~ *tampaknya lagi serius ngomongin lab*

nela, rohana & hana raisa.  :D

Comments (0)