Antara Kugy dan Gw

23:32

Booming perahu kertas.
Kerasa? Yap. Banget.

Entah promosi, marketing, atau apanya lah emang super banget deh. #sotoy

Sebenernya bukan karena ini film-nya Hanung atau cerita karangan Dee, tapi ini karena sahabat gw, Rianda.

Gw baru baca novel Perahu Kertas beberapa hari lalu. Lantaran emang filmnya udah mau tayang. Gak mau lah gw nonton filmnya tanpa membaca novelnya terlebih dahulu. Gw mau merasakan 'rasa original' dari cerita Perahu Kertas yang asli. Sebelum akhirnya berubah, dibumbui dan diracik menjadi film layar lebar.

Rianda, memang sudah memulai membaca novel Perahu Kertas lebih dulu dari gw. Bisa dibilang sih gw pengen baca novelnya gara-gara Rianda. huehe. Kenapa?

Karena, sejak baca novel ini, Rianda sering banget manggil gw Kugy.
Padahal dari nama gw masih Nela, doi udah manggil gw Lala, dan seenaknya ganti lagi jadi Kugy. Menurut Rianda, banyak kesamaan antara gw dengan tokoh bernama Kugy karangan Dewi Lestari.

Tapi menurut gw justru banyak banget perbedaan-peradaan mendasarnya.

Yang paling mencolok sih, si Kugy seneng banget mendongeng, gw kagak. Fix, satu hal ini aja udah mengubah seluruh cerita.

Si Kugy seneng banget curhat di kertas trus dijadiin perahu kertas, gw kagak. Gw lebih seneng nulis di notes, ato henpon. Sepotong, dua potong, sekata, beberapa kata aja udah cukup. Simpen di folder tersembunyi, kasih password. hehe. Kalo ada yang liat catetan gw banyak curhatan berkode ngampar dimana-mana. Semoga gak banyak yang sadar gw lagi curhat. :D

Gak bisa dipungkiri, ada kesamaan antara Kugy dan gw. Kebawa sugesti juga sih kemungkinan. Kelamaan dan keseringan di panggil Kugy, gw jadi merasa mirip. Padahal gak segitunya juga.

Awal pertama baca novelnya, gw terharu banget Rianda bisa nyama-nyamain gw sama Kugy. Tokoh Kugy terlalu unik buat gw.

Emang sih, foto gw di buku tahunan SMA emang pake gaya radar neptunus double. Atau gw jangan-jangan beneran agen Neptunus? Nama aja udah Nela-yan, di doain jadi nelayan sejak lahir, masuk kuliah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Mungkin udah jalur hidup gw kaga jauh-jauh dari laut dan air. Tapi sayangnya gw bukan Aquarius. #AgenFail
*serius, ini asal+gak nyambung bgt*

Iya sih, gw emang kadang gak perhatiin hal-hal yang berbau pakaian. Manset beda warna, kaos kaki lain sebelah, kaos kaki jempol yang kanan semua, warna baju kadang gak match, jerawatan, muka kusem gak kerawat, tangan item gaya tukang ojek. Sementara si Kugy kan cantik-cantik aja tuh di film. Keren malah.

Iya sih, baca Perahu Kertas, kadang gw jadi flashback sm apa yang udah gw alamin. Bahkan novel yang seharusnya komedi asik, gw sering banget malah terharu bacanya.

Pelarian si Kugy dari lingkungannya, bikin dia cepet lulus. Gw kebalik. 4,5 tahun gw baru sidang skripsi.

Berantem sama si Noni, Kugy pindah kossan. Gw kebalik. Diem-dieman sama si Fitri, Fitri yang pindah kossan. Sbnernya ditambah karena kossan gw tetiba harganya jadi melonjak juga sih, sementara temen sejurusannya si fitri memustuskan bwt pindah, dia ikut. ~ah Fitriii, aku sayang banget sama kamu. maaaaaf bangeeet ya.. :(

Ditinggal Keenan yang sm Wanda, Kugy sibuk majuin Sakola Alit. bahkan sampe bisa ikut lomba tingkat kecamatan. Gw, belum melakukan perubahan apa-apa sm anak-anak jalanan Kota Tua. Cuma bisa nambah pelajaran Iqro tiap pertemuan.  :3

dan yang paling epik, Kugy memilih jalan memutar, Gw pun sudah mulai ngerimba di pelosok Jakarta.

Ini bukan tentang hidup Kugy, ini hidup gw. Sampe saat ini gw merasa hidup gw lebih indah dari jalan hidup Kugy.

Terkadang memang ada part mengesalkan dalam tiap cerita. Namun, happy ending itu sebuah pilihan. Memangnya mau, berhenti di part suram dan mengakhiri perjuangan begitu saja. Jalan memutar itu memang harus ada. Kalau tidak, jalan-jalan aspal di perbukitan takkan bisa sampai pada tujuan.

*another random post*

You Might Also Like

3 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe