Dewasa

01:29

Dewasa, entah apa kadar ukurannya.

Hanya sikap dan perbuatan yang bisa membuktikan.

Bukan dia yang sudah tua umurnya lantas berhak menyandang dewasa.
Bukan dia yang sudah beristri/bersuami yang lantas bertitel dewasa.

Itu hanya sekedar kebiasaan yang umum adanya dalam keseharian. Tak bisa digeneralisir begitu saja. Toh sudah sangat banyak bukti yang memperlihatkan demikian.

Terkadang para orangtua tak kalah anak-anak dengan anak-anak mereka.

Terkadang pasangan muda tak beda dengan mereka yang hanya 'pamer kebahagiaan'.

Terkadang anak-anak muda merasa dewasa kala menginjak 17 tahun usianya. Umur segitu rasanya seperti puncak masa remaja. Penuh gejolak sesaat yang jauh dari sikap dewasa.

Terkadang anak kemarin sore yang baru saja memasuki fase tertentu dalam hidupnya sudah gembar-gembor pada yang lain untuk mengikuti jejaknya. Toh sebenarnya baru kemarin sore, bahkan jangan-jangan belum merasakan ujian pertama pada 'fase-nya'. masih terbawa euforia kebahagiaan (atau kebanggaan) saja sepertinya.
-untuk memilih (fase) kampus saja misalnya, tak begitu valid kalau menanyakan pada mereka yang bahkan memperoleh IP semester pertama saja belum..

Iyakah dewasa adalah mampu menyelesaikan apa yang sudah dimulainya?
kalau begitu ceritanya, tak ada beda dengan murid-murid sekolah dasar yang dengan sigap menyelesaikan tugas-tugas kewajiban mereka.

Iyakah dewasa adalah mampu berdiri 'pada kaki sendiri', mandiri, tegap berdiri menghadapi tantangan hidup dan ekonomi?
kalau begitu ceritanya, untuk apa sosialisasi, bermanusiawi, kalo hidup sendiri saja sudah cukup. Bahkan ikan karang paling soliter pun masih memerlukan makhluk lain untuk sekedar bertahan hidup.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, dewasa itu waktu dan masa, ketika sudah bukan anak-anak dan remaja, sudah akil baligh.

In my opinion, dewasa itu tau waktu, bisa menempatkan diri kapan dan bagaimana bersikap yang paling tepat, dewasa secara akhlaq kuncinya.

~Wallahu'alam.


***
selamat ulang tahun ke 17, Anggun Dwi Ermawati 
(23 Agustus 1995- 23 Agustus 2012)

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe