Rekomendasi Toko Buku Online

16:38

Saya sangat ketagihan buku. Kecanduan membeli buku mungkin lebih tepat. Banyak sekali buku yang sudah saya beli tetapi belum selesai saya baca. But, buying a books is an investment, right? (pembelaan)

Paling sedih adalah ketika sudah naksir buku, menunda untuk membeli, dan ternyata sudah gak terbit lagi atau sudah ganti cover. I really hate it. Bahkan, kalau bisa, saya sangat senang dengan buku yang dicetak pertama kali. Terbitan cetakan pertama. Biasanya masih ada typo, masih ada kekurangan. Sempurna dalam ketidaksempuraan. (Cailah)

Berikut ini toko buku online yang seringkali jadi langganan saya, atau sekedar saya lihat setiap bangun dan hendak tidur. hahaha.

1. Periplus 
Toko buku untuk buku-buku impor. Harganya  seringkali lebih murah dari yang lainnya. Tetapi, tidak semua bukunya ready stock. Terkadang mesti menunggu 14-21 hari kerja untuk proses impor. Saya sangat suka dengan packaging Periplus. Paket dibungkus dengan kardus customized,membuat buku terlindungi dengan baik. Apalagi JNE langganan yang sering antar ke rumah seringkali melempar buku ke dalam rumah jika sekali panggil tidak ada jawaban. BUG! buku dilempar dari jendela atas pintu. haahaha. Kalau bukunya hanya dilapis kertas biasanya ujungnya jadi penyok. :(

Periplus juga ada program  member PEC, lumayan dapat diskon tambahan untuk beberapa buku tertentu. Periplus store banyak tersebar di Bandara dan mall-mall terkemuka. Salah satunya di Pondok Indah Mall dan Bandara Soekarno Hatta.

2. Books and Beyond
Packaging B&B menggunakan bubble. It was really fun. Hahaha. Terkadang, B&B lebih lengkap dari periplus, terkadang ngga. Jadi, kalau mau beli buku, mesti banget cek keduanya, dan cari yang lebih murah. Pernah sekali kecewa dengan B&B, over promised. Bilang kalau bukunya ready stock, tapi ternyata hampir dua pekan buku belum juga dikirimkan. Kalau diberi kabar sih tidak masalah. Selain itu, no problem. Pelayanannya cukup oke.

B&B juga ada ada program member, tapi berbayar. dan hingga sekarang saya belum menjadi membernya. hahaha. Lumayan ih, 200rb an. iya kalau sering beli bukunya. Tapi, sepertinya, ngga daftar member juga gapapa.

3. Gramedia
Buku-bukunya standar gramedia offline. Didominasi buku lokal, dengan diskon 10-15%. Untuk yang butuh buku buruburu, Gramedia bisa jadi pilihan. Service nya cepat dan sistemnya bagus. Tapi kalau ngga buru-buru bisa memilih bukabuku atau bukukita, diskon disana lebih banyak (ups). Packagingnya juga biasa aja, hanya menggunakan kertas coklat. Nasib JNE langganan yang suka lempar-lempar, buku Wow Leadership-ku penyok ujungnya. :3

4. Bukabuku
Diskon di bukakubu amazing banget, antara 10-45%. Jadi, buku disini cenderung lebih murah dibanding dengan website mana pun. Tapi, seringkali bukunya tidak ready stock, jadi ketika kita pesan, mereka akan memesan lagi ke distributor, begitu seterusnya hingga seluruh buku yang kamu pesan ready stock. Normal pengiriman di bukabuku adalah satu pekan. Satu pekan setelah pemesanan, baru paket dikirimkan. Sehingga rataan kita baru bisa menerima paket setelah dua pekan. Itu pun kalau tidak molor. Pernah saya memesan beberapa belas buku, dan ada satu buku yang belum juga ready, hingga kahirnya saya kesal dan meminta refund saja. wakakaka. Alhamdulillah mereka cukup responsif. Terasa effort mereka untuk memberikan service yang bagus untuk customer. Good job! semoga ke depannya lebih banyak buku yang ready stock yaah.  

Ohya, buka buku juga mempunyai program biaya ongkir yang flat. Hahaha. Pernah membeli buku sangat banyak, dan ongkirnya cuma Rp 7.000. Padahal setelah dihitung-hitung itu sekitar 7 kg. XD


5. Bukukita
Beberapa buku yang sudah tidak ada di mana-mana, disini masih ada. Websitenya agak terlalu ramai, dengan banyak tool. Sistemnya sudah otomatis, jadi gak perlu terlalu repot untuk konfirmasi pembayaran. Honestly, saya jarang beli disini, tapi sering buka untuk perbandingan harga. hehe. Websitenya lebih enak dibuka di PC atau laptop, kalau dibuka dari hape agak membingungkan.


6. Opentrolley
Website ini tersedia versi Indonesia, Malaysia, dan Singapore.  Biaya kirim yang flat, dan packaging bubble. Terkadang lebih lengkap, banyak buku impor yang ditempat lain tidak ada, disini masih ada, tetapi harganya entah kenapa seringkali lebih mahal. wakaka.

7. Bukalapak
Nah ini, agak fenomenal sih. Kalau mencari buku yang benar-benar sudah tidak dijual lagi dimanapun, saatnya cari di bukalapak. Saya mencari buku The Snowball nya Warren Buffet versi bahasa Indonesia. Dimanapun gak ketemu, dan di bukalapak ada doong, dengan harga hanya Rp 100.000 dan bukunya baru. Oh God, seneng banget, ini buku langka yang sudah tidak terbit, tebalnya juga lebih dari 1200 halaman. Buku paling tebal yang pernah saya beli. :))

Bahkan The Toyota Way versi bahasa Indonesia juga masih ada. Satu lagi, Area X, novel yang sudah kucari-cari sejak zaman SMA, disini ada.


Itu aja dulu, semoga bermanfaat, selamat berburu buku!
Save your wallet, guys. and remember to Invest in yourself.

#ratcun

You Might Also Like

1 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe