pola budaya

10:23

setiap suku, setiap lingkungan dan setiap keluarga, pasti memiliki pola budaya yang khas. Terciri dan yang menjadi pembeda dengan yang lain. Begitu juga dengan perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki pola budaya tersendiri. Harus berpakaian seperti ini, jadwalnya begini begitu, setiap pekan ada ini, setiap pagi ada itu, kalau lembur bagaimana, adakah kegiatan ringan yang tidak disadari menjadi kebutuhan di lingkungan kerja. Misalnya, diwajibkan sholat dhuha, dianjurkan tilawah saat break siang, ada norma kalau sholat magrib di kantor itu lebih baik, dibanding menerobos macet jalanan. Atau sekedar 'gengsi' pribadi, kalau ketahuan tidak sholat sunnah rawatib di mushola/masjid kantor.

ahya, semua itu ada di otak saya sekarang.

bukan karena kantor baru, atau apa.

tapi mau tidak mau, harus tidak harus, saya harus memikirkan itu. Kalau tidak, 'perusahaan' yang sedang saya bangun akan terbentuk oleh waktu, yang entah hasilnya sesuai harapan atau tidak.

membentuk pola lingkungan yang baru bukan hal mudah, apalagi sebelumny belum ada peraturan yang pasti. Ya gimana mau ada, peraturannya belum dibuat. Baru dirancang dalam pikiran.

tak hanya sekedar pola dalam perusahaan, bukankah pola dalam keluarga juga begitu?

yuk, dipikirkan, mau memiliki pola budaya di lingkungan terdekat seperti apa. Semua dimulai dri dalam pikiran, dimulai dari diri sendiri. Semoga  segalanya selalu mendekatkan kita padaNya.

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe