(Pendonor) Failed

00:32

Beberapa minggu lalu, saya sangat bersemangat untuk mendonorkan darah. Ini bukan kali pertama untuk saya. Sepertinya kali keempat saya menjadi pendonor.Lupa sebenarnya sudah berapa kali. ehehe. ^^v.

Pagi-pagi, sekitar pukul 9 saya berangkat ke RSUD kota Depok. Sampai di lobi rumahsakit, saya tercengang. 'ini rumahsakit atau puskesmas deh, banyak banget orang..' Rumahsakit yang sering saya datangi biasanya cukup lengang, ramai, tapi tidak gaduh kebanyakan orang. Buru-buru saya ngibrit ke lantai 2, PMI, unit transfusi darah sesuai petunjuk pak satpam.



Sampai di tempat yang dituju, lagi-lagi saya tercengang. Hanya ada satu tempat tidur dialik tirai yang tidak lain adalah lorong antar 2 ruangan. Tidak ada petugas yang jaga. Dua menit menunggu, datang mbak petugasnya. Begini kira-kira percakapan kami :

N : mbak, saya mw transfusi bisa? eh, mw donor maksudnya, bisa?
P  : ?? wah, gabisaa..
N : *wajah kebingungan* hah? *mungkin ini respon dari pertanyaan pertama saya kali yaa.. *
P  : Emang umurnya berapa?
N : duadua mbaaaa... (bangga)
*perlu diketahui, saat itu saya memakai jaket abu-abu yang (masih) diresleting sampe deket leher, rok item rempel, sepatu sport, tas ransel item, lintasan pikiran paling ge-er saya adalah mungkin mbak-nya ngira saya anak sekolah yang masih dibawah umur kalii yaa*
P  : Ooohh, duadua, berat badannya berapa?
N : sekitar 45-46 (kg)deh mba, blm tau kalo sekarang brapa..
P : Wah, tetep gabisa, kalo disini yang berat badannya minimal 47-48 (kg) yang bisa, soalnya cuma ada kantong darah yang gede, kalo dipaksain ntar bahaya, bisa pingsan.
N : Oooohh gitu ya mba? berarti dulu saya pas donor pake kantong yang lebih kecil kali ya mbaa..
P : Iyaa, coba ke PMI pusat di Jakarta deh, disana pasti ada kantong darah yang kecil..
N : Kalo di PMI bogor gmana mba?
P : Wah, disana bisa juga tuh, coba aja kesana..
N :Oke deh mba, saya kesana aja. makasiiii ya mbaa.. :)

Berhubung saya juga emang niat mau ke kampus, maka meluncurlah saya ke RS PMI Bogor. Lokasinya di jalan Pajajaran, sebelahan sama kampus IPB Baranangsiang, sayang bgt itu kampus bwt D3 + S2, semua aktivitas S1 di kampus IPB Dramaga yang ada di pelosok Bogor. huhuhu..

Saya parkir di depan, yang ternyata itu cuma poliklinik, bagian kecil dari RS PMI. Berjalan (agak) jauh lewat JL.Rumahsakit I yang ada disamping poliklinik ke IGD. Sampai di depan IGD, saya bertanya ke petugas berseragam yang ada disitu
N : Pak, kalo mau donor darah disini ya pak? *nunjuk bangunan hemodialisa center yang ada disamping IGD*
B : Waaahh, disini mah gabisa donor. Bukan disini tempatnya..
N : *What the...* Haaah? jadi dimana tempatnya pak?
B : Jauh dari sini, di bantar jati, kamu naik angkot 08 aja,, bilang ke abang angkotnya deh..
N : Serius gabisa pak? Kan ini Rumahsakit PMI? saya kira bisa donor di (RS) PMI..
B : Iya. kalau disini gabisa..
N : Wah, kalo arah jalan kesana gimana pak?
B : Kamu naik angkot aja. Tapi jangan yang ke arah ***** , nanti ga sampe, naiknya yang kearah ***** aja. Tapi terkadang angkotnya muter dulu ke ******. baru belok ke *****
N : ..... *saya ga ngerti*
B : Iya, kalo jalan jauh banget neng..
N : ..... ohyaudah deh pak, makasii ya pak..

*hambar*
Udah jam setengah 12-an. panas. gaketemu.
Saya teringat Unit transfusi darah yang ada di RS fatmawati. Kesana aja deh nanti. Sekarang ke kampus aja.

kecewa sebenernya, gabisa donor. Mudah2an lain kali bisa. :)

Jadi kepikiran bwt nambah berat badan biar kalo mw ngedonor gampang. Tapi apakabar nantinya. dengan tinggi cuma 150cm-an.. berat 45 aaja udah agak2 berat chubby menggemaskan. Apalagi kalo lebih dari 50-an.. :(

Makasih deh.

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe