Jepun (part 1)

00:49

Entahlah.
Saya lupa kapan pertama kali jatuh cinta dengan negara ini. Yang jelas, semakin sadar dan menjadi-jadi ketika pertama kali mentoring rohis di smansa, ditemani mba Herpin yang kebetulan baru aja pulang pertukaran pelajar dari sana.

Naruto, berpuluh serial komik cantik, serta komik kocak yang senantiasa menemani kehidupan muda saya semakin memekar-kan rasa itu. Alhamdulillah, bulan Agustus 2011 saya berkesempatan untuk kesana. Singkat. Hanya 7 hari, tapi rasanya benar-benar luarbiasa. :)


11 Agustus 2011

~00.00 WIB~ Saya (masih) packing. Sebenarnya packing baru dimulai beberapa menit sebelumnya. Saya baru sampai rumah (di depok) pukul 23.00, marathon naik motor dari Baranangsiang, Bogor. Memisahkan dokumen-dokumen penting, Paspor yang udah tertempel visa, KTP, KTM, SIM (ngapain juga sebenernya bawa SIM yaa.. ehehe : =D) dompet beserta berlembar-lembar uang Rupiah warna biru didalamnya (padahal ini duit kaga kepake sama syekaliiii... :3 *muka kucing*), tiket, peta rute subway, invitation letter, beres.

~01.30 WIB~ Saya (masih aja) packing. Memisahkan berbagai macam liquid ke dalem koper yang akan masuk bagasi. 15 Potong baju. Riweuh sendiri. Semua orang di rumah udah pada tidur.

~02.00 WIB~ Saya makan. Entah itu sahur atau ifthor. Seingat saya, hari sebelumnya, sejak maghrib saya belum makan apa-apa. Ngga nafsu makan.

~03.00 WIB~ Saya masih sadar. Ngga bisa tidur. Terbukti dari tweet saya yang di update jam segitu. Memaksakan tidur.

~04.00 WIB~ Saya udah dibangunin (lagi). Ajegileee.. perasaan baru aja merem. Penerbangan jam 8-an ternyata ngerepotin jugaa..

~05.00 WIB~ Udah sampe Cinere aja. Panik karena belum ada sepeser pun uang Yen yang dipegang, sebelum ke bandara, mampir dulu ke money changer.

~06.00 WIB~ Sampe di Soeta, terminal internasional. Jantung masih normal. Nunggu dulu di kursi depan. Ketawa-ketiwi, beli bekal makanan (yang harganya melonjak kejam bangeeeeett dibanding alfamart ato indomart) huhuhu *baru pertama kali jajan disono*.

~06.30 WIB~ Pamitaaaann. Saya sering ngebayangin momen pamitan yang lebay-lebay gimanaaa gt. Mirip film2 romantis korea, tapi dikeluarga saya koq ya brasa hambar aja. ehehe.. Saliman doang sama mamah bapak, cipika cipiki, udah. ehehe..

Check in dan pemeriksaan imigrasi ternyata lama juga. Padahal saya berada dalam antrian pertama saat check in. Penerbangan internasional jauh lebih rempong dibanding penerbangan domestik, Yaiyaaa lah neel.. *norak* Metal detector pertama, lolos. Check in tiket+bagasi, lolos. Isi borang imigrasi, antri. Pemeriksaan imigrasi, paspor, visa, beres. Rasanya berjalan di antara toko-toko pasca petugas imigrasi barusan baru bikin degdegan.. Uhuy, jadi berangkat nih.. si Anis yang ada disamping saya tetep asyik dengan telponnya.. Saya ngga inget,berapa pemeriksaan lagi yang saya lalui untuk sampai di ruang tunggu khas Soeta. Ehehe..

Menunggu. Baca majalah. Anis (masih) nelpon ibunya, sambil basah di ujung mata.
emosi saya masih (cukup) datar. Sms si boss, ijin ga dateng 2 pekan. eheheh. Ini penerbangan ketiga saya, dan saya selalu excited saat lewat terowongan ruang tunggu-pesawat. uhuuyy.. :)

Perjalanan menuju Kuala Lumpur rasanya penuh tawa. Air Asia yang saya tumpangi penuh dengan istilah-istilah berbahasa Malaysia yang kedengerannya super duper aneh (menurut saya).
Tali keledar = Sabuk pengaman
telepon bimbit = Telepon selular
Pramugari/a = anak kapal (yg kebayang adalah anak buah kapal di kapal nelayan. ehehe *maklum, anak perikanan)
etc. masih banyak dah.

Hal yang ga biasa sesaat landing adalah, kapten pesawat sempet promosi, penumpang disuruh liat jendela kiri pesawat bwt liat Putra Jaya. heemmm.. -___- *ada-ada aja deh.

~10.30~ Lupa ini WIB ato waktu malaysia..hehe. Landing di Kuala Lumpur, bikin melongo. Oh, kita harus jalan kaki siang bolong di tengah lapangan diantara pesawat-pesawat itu kah? huwehehehe.. Biasa di Soeta lewat terowongan ato dianter bus.

Pemeriksaan di Kuala Lumpur sadis. Mba2 petugas imigrasinya jutek+sadiis. ga ngerti deh kalo orang yang geli-an parah bakalan ngakak kya gimana. Tega bgt tuh mba2..  ehwehe.

Menunggu. Keliling. cek toilet. cek mushola. Liat-liat toko. Duduk sambil baca 2 buku pegangan, 'Lost in Japan' dan '2,5 juta keliling Jepang'. Anis duduk di kanan saya. Selang satu kursi di kiri, ada cowok bermata sipit yang lagi baca novel tebel. Curiga dia orang Indonesia deh. Kyanya yang dibaca bahasa Indonesia.

Setelah pindah ruang tunggu, ternyata kami duduk deketan lagi!! Dan ternyata dia beneran orang Indonesia, Kent Kadim namanya,dari Jakarta, muka sipit, masih muda, yaaah kyanya ga beda jauh deh umurnya. Sendirian ke Jepang, bwt holiday. Ajib ga siiih? berani kesana sendirian untuk yang pertama kali. Kent baik banget, ramah. Asli deh, setelah ketemu si Kent jadi berasa pergi rame-rame, ga sepi lagi. (ah keenn.. skrg lo dimanaa yaa? huhuhu.. )

~13.30~ waktu Kuala Lumpur, ato 12.30 WIB. Jalan kaki dari ruang tunggu ke pesawat. si Ken udah jalan duluan. Dalam perjalanan singkat di lapangan itu, saya (lagi-lagi) kenalan, kali ini dua orang. Riky dan Jerry. Riky bermuka jawa tapi berlogat sunda. Jerry pendiam banget, muka lonjong mata sipit. Setelah di Jepang,saya baru tahu mereka berdua ternyata kakak beradik. ehehe. Kaga mirip padahal. Riky juga ramah + baik bangeeeettt. Di pesawat, kami semua duduk terpisah, sebelumnya janjian dulu, ntar setelah landing HARUS ketemu lagi. Hahah.

Kuala Lumpur-Tokyo lama juga ternyata. Walo lama, ternyata saya tetep gabisa tidur. Ngeliatin awan disamping jendela. Alhamdulillah saya dapet kursi di deket jendela. Langit sorenya ajib bangeeettt.. cantik! jernih, iring-iringan awan kapas diujung horison, matahari yang kemerahan. Sungguh, bumi Allah itu luas! *sayang gada fotonyaa.. huhu*

Setelah berjam-jam duduk, akhirnya melihat cahaya kehidupan Jepang. Langit kemerahan lampu kota di tengah malam.  Ah, saya ingat ketika berlayar menuju muara baru dari pulau Bira bersama sahabat2 Mpos, melihat gemerlap Jakarta dari tengah lautan. Begitu juga saat ini. Membuncah. Saya bahagia. Rasanya dihati saya jauh lebih berbinar dibanding sekedar lampu kota.

Japan.. i'm coming..

:)

You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe