Perjalanan Skincare Nela

16:27

Mengobati jerawat seperti perjalanan mengarungi dunia. Entah kapan ujungnya, sulit sekali mendapatkan hasil yang memuaskan. Aku mulai jerawatan saat kuliah semester 3, dipicu oleh alergi obat yang parah banget. Sampe akhirnya, setelah berhenti minum obat pun, ternyata masih aja ada. Satu penyebab tambahan yang kini aku sadari adalah, dulu saat semester 3 dan 4 itu, adalah saat- saat ospek jurusan yang prosesnya lumayan keras. Antara menyembunyikan wajah dengan menutup pakai tangan biar gak keliatan senior, atau emang banyak sekali kegiatan hingga terlalu lama membiarkan muka dalam keadaan kotor. Belum lagi, saat-saat itu adalah periode pertama aktif di kegiatan perikanan. Entah itu rutin renang, kegiatan fisik, atau bahkan melaut bersama nelayan.

Saat menjadi mahasiswa tingkat akhir, sempat juga rutin facial di salah satu salon murah meriah di Bogor, dekat sekali dengan kampus. Benar-benar murah, hanya Rp 25.000 sudah bisa facial. Ditambah lagi, aku suka sekali paka scrub Zaitun dari Wardah. Seminggu bisa 3-4 kali pakai. Akumulasi semuanya baru terasa sekarang, kulitku jadi super sensitive. Haha.



Sempat bruntusan kecil-kecil penuh satu muka, eh atau itu melenting-melenting kecil gitu lah. menyeramkan kalo dilihat dari jarak dekat. Haha. Akhirnya menyerah dan cek ke dokter kulit. IYA, aku pernah berurusan sama dokter kulit karena udah give up banget ngga ngerti mesti gimana benerin kulitku. HAHA.

Aku cek di Natasha Depok, saat itu lokasinya masih di Margocity. Setiap abis treatment, muka udah macem kepiting, yang buat senyum aja sakit to the max. Pernah juga disinar apa gitulah, efeknya beberapa jam setelah treatment mataku rabunnya makin menjadi-jadi. Iya, ngga keliatan. Akhirnya cuma bisa duduk di kursi yang ada di Margocity, sambil menunggu mata bisa melihat dengan lebih jelas. Kyanya total cuma 3 kali treatment, ku sudah mulai nakal. HAHA.

Banyak yang bilang, kalau mau lepas dari krim dan perawatan dari dokter itu susah sekali, tapi ngga berlaku dalam cerita aku. Aku susah sekali untuk istiqomah, jadilah setiap pakai krim dokter itu cuma seiprit, dikit banget. Krim yang normalnya 2-3 bulan habis, di aku bisa sampai 6-10 bulan baru habis. Bahkan mendekati setahun. wkwk. Ditambah lagi aku kadang males pake, jadi ngga bener-bener setiap hari pake. Jadilah, nakal, makin hari makin jarang pakenya, dan taraaaaa! tau-tau udah lepas aja gitu, tanpa ada efek-efek dramatis seperti orang kebanyakan. Normal aja gitu, ngga yang tiba-tiba breakout parah atau gimana.

Aku udah ngga inget secara jelas, tahapan coba-coba aku untuk treatment skincare. Percobaan facial foam sih yang paling berasa, karena aku ngga berani pake facial wash. Tiap coba-coba seringkali ada efek ngga enaknya. Sampai menyimpulkansepertinya kulitku ngga kuat dengan facial foam.

Sebelum pakai Natasha, aku sempat rutit paka Nuskin. Acne Treatment Nuskin lengkaaaap udah aku jalanin tuh, tapi ngga ada efeknya di aku. HAHA. udah mah pricy banget ya kan. Tapi untuk Galvanic Spa nya aku lumayan cocok, kadang sampe sekarang masih pake, walau setahun bisa lah dihitung pake jari berapa kali paka Galva. ((padahal belinya udah sampe nabung-nabung tu Galva, wkwk)). Bahkan tahun 2018 ini aku belum pake sama sekali tuh. wkwk. Yang jelas, aku ngga cocok pake face mist nya Nuskin alias Naptcha. Tiap pake, langsung merah-merah bak kepiting. Pengalaman pakai Nuskin yang beneran lumayan mahal ini, bikin aku latihan kalau perawatan kulit ini butuh uang yang ngga sedikit. heu. Sampe merasa Natasha pun masih lebih murah boook.

Lepas dari Natasha, aku mencoba Cetaphil dan Laneige. Believe me, Natasha, Cetaphil dan Laneige masih lebih affordable. wkwk. Aku menyiasatinya dengan membeli produk saat ada diskon-diskon besar. wkwk. Harbolnas misalnya. Khusus untuk Laneige, untuk pertama coba beli trial size nya dulu, kalau cocok langsung beli full size nya di official online storenya aja, ada di Lazada. Karena kalau beli di official store, udah terjamin keasliannya serta banyak bonusnya. Sekali beli memang bisa habis 500-600rb, tapi bisa dipake sampe 10 bulan lebih (ini akunya juga pakenya eman-eman sih, haha). Jadi, sebulannya cuma 50ribuan aja lho. Coba bandingin sama Nuskin yang sepaketnya bisa juta-jutaan. hahahiw!

Sedangkan untuk Cetaphil, sudah ngga terhitung aku repurchased berapa kali. Pasti tiap beli selalu yang diskonan. Watson's, Guardian dan Sociolla menjadi tempat yang bergiliran kasih diskon Cetaphil. Pantengin aja, lumayan sering kok diskon 50%. Hehe.

Khusus untuk obat jerawat, aku punya beberapa tips yang bisa jadi andalan.

1. Vitacid
Vitacid bentunya krim salep, bisa dibeli di apotek terdekat. Harganya juga cukup terjangkau. Aku pakai Vitacid udah cukup lama. Mungkin sekitar tahun 2011an awalnya. DI rekomendasikan oleh seorang teman yang jua seorang dokter. Untuk jerawat-jerawat di punggung atau daerah selain muka, masih ampuh, tapi untuk saat ini, rasanya agak lama kalau pakai untuk jerawat muka. Kadang ngga sabar ya kan, pengen cepet-cepet sembuh. Hehe.

2. Propolis
Awalnya, aku agak terperangah saat Bibi (adiknya Mama), pakai propolis dan diteteskan ke wajah. Iya sih, wajah Bibi terlihat sangat baik, untuk usia 43 tahun. Padahal ngga pernah perawatan khusus, perawatannya ya hanya oles-oles propolis ini.  Eh, belakangan ini aku lihat merk COSRX juga punya varian propolis. Bahkan harganya lumayan, hehe. Jadilah aku semakin mantap untuk pakai propolis di wajah. Ternyata berhasil! Propolis cukup ampuh untuk jerawatku. Baru pakai sekali dua kali udah mulai berasa. Jerawat udah mulai mengering. Jadi sekarang kalau udah ada jerawat yang gatel ngilu, langsung oles-oles propolis deh.

3. Aloe Vera (asli) atau Aloe Shooting Gel
Aloe Vera yang asli, Innisfree atau Nature Republic, jadi hal yang lumayan wajib nih. Kalau Aloe asli, tinggal potong sekitar 3 cm, kupas, lalu oles-oles di seluruh muka deh. Baunya agak ngga enak kalau yang asli, tapi efeknya juga mantap dan benar-benar alami. Kalau ngga ada pohon aloe vera di rumah, bisa juga pakai Aloe kemasan, seperti Innisfree atau Nature Republic.

4. Pasta Gigi
Nah, ini yang baru. Aku baru aja dapat tips ini sekitar seminggu yang lalu saat menemani Anggun kontrol. Dokternya bilang, pakai Odol untuk 'matiin jerawat', aloe vera itu untuk menghaluskan, kalau untuk mematikan ya pakai odol. Akhirnya aku coba deh, bahkan aku coba perpaduan antara pasta gigi dan aloe vera.  Hasilnya benar-benar mantap. wkwk. Aku merasa ini kulit terhalus dalam setahun terakhir. Yah, walaupun bekas-bekas jerawat masih ada, tapi aku cukup puas. Yay!

Kesimpulannya sih, seperti hal lain dalam kehidupan kita, pakai skincare itu harus istiqomah kalau mau sukses mendapatkan tujuan. Jangan malas membersihkan muka, dan jangan bangga kalau ngga perawatan. hey, merawat diri itu juga termasuk menjaga titipan Allah. SO, boleh juga lho, ritual perskincare-an ini diniatkan sebagai ibadah. Semoga Allah ridho ya..  :D

pict from click here



You Might Also Like

0 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe