merindukan label haram

14:56



ribet cari label halal saat membeli makanan?

yes, seringkali gw merasakan ini.


Tetiba kepikiran, kenapa mesti ada label halal?
padahal ini negara mayoritas muslim, mayoritas makanan yang beredar juga untuk kepentingan muslim.

Tapi kenapa justru yg di label adalah yg halal.

Menurut gw, kalau pakai label 'haram' pasti akan lebih mengena.

oh yes, ini jelas haram gak ragu lagi. karena yang dilabel akan lebih sedikit dibanding yg tanpa label.

coba inget2 skrg, kadang kita jadi bingung, terlalu banyak produk yang belum ber label. Entah itu memang haram atau memang belum di urus proses sertifikasi halal nya.

kalau hanya yang berlabel halal secara sertifikasi halal yang boleh dikonsumsi, rasanya gak fair sama industri kecil kita. Bagaimana nasib mbok2 jamu keliling, mbak2 warteg, tukang rujak, atau usaha2 kecil yang bahkan pelaku usahanya bisa baca ato ngga msh dipertanyakan.

oh yes, kita harus jadi konsumen yg cerdas. Bukan berarti yg belum bersertifikasi halal itu tidak halal loh ya.

menurut gw, mungkin kalau dibuat label haram akan lebih memudahkan konsumen dalam memilih produk.

who knows..


samar gw inget, konon dulu sertifikasi MUI  itu label haram. Bahkan sang ketua MUI saat itu lebih memilih hengkang dr jabatannya dibandingkan dg mengganti kebijakannya itu. Tapi gw blm kroscek dan riset lagi sih. :D

yuk cari tau lagi yuk.. ^^

You Might Also Like

2 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe