SUNIE -Menanam (Keceriaan) Bunga Matahari-

01:47


SUNIE, my lovely sunflower, my lovely sunny. 

Pada awal bulan Maret 2012, saya menanam benih bunga matahari.  Yap, saya memang suka banget sama bunga ini. Keliatan sangat ceria dan menggemaskan. Terlihat angkuh, tinggi menjulang, tapi tetap tunduk pada aturan alam, menghadap kemana matahari berada.  

Ini lho tampak bungkus benihnya,
-bisa dibeli di toko benih, saya membelinya di toko benih *** yang persis di depan Plaza Jembatan Merah Bogor-

Biji kuaci yang jadi benih berukuran mini alias lebih kecil dari kuaci yang biasa saya makan. Setelah dikeluarkan dari bungkus, biji-biji kuaci benih ini direndam dalam air selama sekitar 2 jam. Langkah selanjutnya adalah ditanam bersamaan dalam satu wadah. Biarkan tumbuh sampai sekitar 10 cm – 15 cm, baru kemudian dipisahkan kembali di pot  berbeda atau pada jarak-jarak sekitar 1 meter di tanah. J

Oiya, jangan lupa dikasih pupuk yaaa, paling gampang sih, pake pupuk yang berasal dari sampah rumah yang sudah jadi kompos. J


Halaman rumah saya itu sempit, tapi masih ada cukup banyak tanaman. Tanaman yang paling mendominasi adalah bunga Kemuning. Hal ini sempat membuat saya khawatir, karena pada saat saya menanam Sunie, pohon kemuning saya sedang terserang penyakit. Semua daunnya berbintik kuning. Setelah saya cek pohon kemuning tante, emak, ibu, uwak, dan tetangga-tetangga sebelah rumah yang lain ternyata semua bernasib sama. Saya khawatir Sunie juga ikut tertular. Ternyata kekhawatiran saya terjadi, pada pertumbuhannua Sunie sempat mengalammi bintik-bintik kuning.. L

Kejadian bintik kuning ini sempat membuat saya agak panik. -Ohmeen, gw gak mau sunie gw mati Cuma karena bintik-. Haha.

Sempet ngehubungin Sista, temen sekamar saya saat di Asrama TPB dulu. Sista kuliah dengan jurusan hama dan proteksi tanaman. Pastinya hal beginian jadi makanan sehari-harinya pas kuliah dulu.

Tidak hanya bintik kuning, tapi Belalang, Semut, dan Kutu Putih juga agak ngeselin sebenernya. Belalang sembah itu sadis banget deh. Tega makan helaian helaian bunga Sunie. Jadi geroak di beberapa bagian.. L   

Semut dan kutu putih, entah bekerja sama ato musuhan, saya nggak ngerti. Tapi keberadaan mereka berdua sukses membuat salah satu bunga menjadi bengkok seutuhnya jadi membentuk lengkungan tangkai angka enam yang menukik kebawah.

Lain hal ketika bunga-bunga itu di hinggapi lebah, kupu-kupu, kepik merah, rasa senengnya tuh luar biasa banget loh. ahah. :D

Jujur, saya jadi sempat berharap, kenapa tomcat gak ada di parungbingung ya, ahaha. #ups
Its okey, over all Sunie masih bisa tumbuh cukup sehat. Sampai pucuk bunga pertama muncul, bahagianya tuh gimanaa gitu rasanya. J


Sunie yang mau mekar, masih belum sempurna, bagian atas masih kelipet.. J


Umur 7 minggu, ternyata bunga pertama sudah mekar sempurna. Mekar dari taneman yang paling pendek. Taneman lain yang tingginya menjulang ke angkasa, melebihi tinggi badan saya (serius), malah belum ada tanda-tanda mau berbunga.

Hal ini juga sempat saya tanyakan ke teman dari fakultas pertanian. Kali ini saya nanya Djoko, yang kuliah di jurusan Agronomi Holtikultura. Katanya, mungkin karena si taneman mungil ‘agak’ setres, jadi fase untuk tumbuhnya lebih cepat berhenti dan digantikan dengan fase reproduksi. -Saya lupa kalimat penjelasan ilmiah si djoko begimana. intinya sih begitu dah- Haha.  

Ini dia si Sulung nan cantik, hehe.. :D  

Ini hasil perbuatan si Belalang sembah yang iseng makan bunga.. huhu..
Liat bagian kiri atas, helaian bunga-nya geroak di beberapa bagian.. T_T


Awal Juni 2012, saya sudah bisa memanen biji bunga matahari untuk yang pertama kalinya. Berhubung benih yang ditanam pun ukurannya mini, maka biji yan dipanen pun memiliki ukuran yang mini juga.

Oiya, fyi, Kuaci itu kan bentuknya mirip segitiga yah, nah, saya baru tahu, kalau ternyata sisi runcing kuaci itu ternyata berada di dasar bunga, dan bagian sisi datarnya adalah sisi yang menghadap keluar.. J menarik banget deh.

Ini dia kuaci hasil paneenn.. J

And you know what, sampe sekarang masih gak tega, ini kuaci mau diapain.
Kalau disangrai atau dipanggang buat dijadiin makanan kuaci, sungguh gak rela. Kalau di jadiin benih lagi, entah kenapa  saya gak yakin ada yang bisa numbuh. Haha..
Sementara, saya masih mau nyimpen kalian dulu deh.. J
Sunie, si ceria, mengemaskan, dan ternyata masih memiliki sisi ringkih yang tak bisa diabaikan. Sisi yang membuat menarik perhatian, tak hanya sekedar hasil bunga indah menawan. 

Menggambarkan tiap akhir yang indah pasti memerlukan perjuangan untuk mendapatkannya.

***
di depan rumah..



**Nanem apalagi yak berikutnyaa.. J

You Might Also Like

5 warna seru berkomentar

Flickr Images

Subscribe